AkademikKuliah&Ebook

KULIAH PAKAR PRA PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN (PKK)

Praktik Klinik Keperawatan (PKK) merupakan salah satu pembelajaran bagi mahasiswa di STIKES Notokusumo Yogyakarta yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi calon perawat yang terampil dan profesional. Dengan Praktik Klinik Keperawatan (PKK) akan memberikan mahasiswa tentang gambaran pengelolaan asuhan keperawatan di bangsal. Mahasiswa akan mendapatkan wahana pembelajaran untuk dapat mengimplementasikan wawasan pengetahuan dan keterampilan yang sudah diajarkan di bangku kuliah.

Pelaksanaan Praktik Klinik Keperawatan (PKK) harus disesuaikan dengan kondisi pelayanan yang ada pada saat ini. Salah satu kondisi yang perlu diadaptasikan adalah pelaksanaan Praktik Klinik Keperawatan (PKK) pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini yang memperhatikan aspek keselamatan, tidak hanya bagi pasien akan tetapi juga bagi mahasiswa yang akan terlibat dalam kegiatan pelayanan asuhan secara langsung.

Kuliah pakar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2021 pukul 08:00 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat 2 dan tingkat 3 yang akan melaksanakan kegiatan PKK. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan bekal bagi mahasiswa mengenai penerapan manajemen patient safety pada pelayanan asuhan keperawatan di masa pandemi COVID-19. Pembicara dalam kuliah pakar ini adalah Helita Kikisan Sandra, S.Kep.,Ns (Ka Diklat dan Mutu Keperawatan RS DUTA INDAH Jakarta).

Materi yang disampaikan antara lain konsep manajemen patient safety, sasaran manajemen patient safety di pelayanan Kesehatan, prinsip-prinsip pra pelaksanaan manajemen patient safety pada pasien COVID-19, pengenalan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi perawat dalam penanganan pasien COVID-19, dan implementasi sasaran keselamatan pasien pada aspek PPI untuk penanganan pasien dengan COVID-19 sejak di UGD dan bangsal perawatan.