Pelayanan kefarmasian merupakan bagian penting dalam pelayanan kesehatan. Cara pelayanan kefarmasian yang baik menyangkut seluruh aspek pelayanan kefarmasian dan bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian yang berorientasi pada pasien. Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan kefarmasian penting untuk pasien sebagai informasi tentang obat, pemilihan obat yang tepat, memantau penggunaan obat, dan menyediakan bimbingan konseling dalam rangka pendidikan kepada pasien.
Salah satu cara dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa mengenai pelayanan kefarmasian terutama dalam hal pelayanan resep yaitu dengan sharing praktisi atau kuliah pakar. Dengan kuliah ini diharapkan mahasiswa menjadi lebih paham dengan gambaran pelayanan kefarmasian langsung dari rumah sakit. Selain itu juga menjadi tambahan motivasi tersendiri bagi mahasiswa untuk bekerja di pelayanan kefarmasian rumah sakit.
Kuliah pakar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Desember 2021 pukul 09.00. Peserta dalam acara ini merupakan semua mahasiswa prodi S1 Farmasi STIKES Notokusumo Yogyakarta mulai dari tingkat I, II dan III. Narasumber dalam kuliah pakar ini yaitu apt. Arifianti Piskana S., M.Clin. Pharm yang merupakan praktisi dari RSUD Wonosari. Materi yang disampaikan dalam kuliah ini yaitu gambaran pelayanan kefarmasian di rumah sakit, alur pelayanan resep, dan permasalahan dan solusi pelayanan resep. Para peserta kuliah pakar ini sangat antusias dengan kegiatan ini yang ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.