LPPM

RISET DAN PENGABDIAN

Suatu perguruan tinggi mempunyai kewajiban menyelenggarakan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang dikenal dengan nama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, seorang dosen diharapkan memiliki kompetensi dalam ketiga bidang tersebut. Selain mengajar, dosen dituntut untuk dapat menyelenggarakan kegiatan penelitian, mulai dari menyusun proposal, melaksanakan penelitian, menuliskan laporan hasil penelitian serta mendiseminasikannya.

Untuk mendukung dosen yang kompeten diketiga bidang tersebut, maka dibetuklah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STIKES Notokusumo Yogyakarta  guna memfasilitasi para dosen dalam kegiatan penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Pada saat ini Kepala LPPM adalah Maria Putri Sari Utami, M.Kep  (Berdasarkan SK Pengangkatan Ketua LPPM No. 044/SK.07.04/I/2020).

Pengembangan LPPM sebagai salah satu unit di Akper Notokusumo Yogyakarta dimulai sejak Tahun 2008, sebagai pengembangan dari Bagian Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) yang semula masih dibawah komando Pembantu Direktur Bidang Kurikulum dan Akademik.  Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menjadi unit sendiri tersebut diharapkan dapat meningkatkan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di lingkup STIKES Notokusumo Yogyakarta , serta  sejalan dengan visi dan misi STIKES Notokusumo Yogyakarta .

Secara struktural, posisi LPPM berada di bawah koordinasi KETUA , oleh karena itu dalam melaksanakan tugasnya LPPM melaporkan dan mengkonsultasikan hasil riset dan pengabdian masyarakat STIKES Notokusumo Yogyakarta kepada KETUA. Tugas LPPM adalah memfasilitasi, mengkoordinasi, dan melakukan kegiatan-kegiatan riset dan pengabdian masyarakat di STIKES Notokusumo Yogyakarta, melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan-kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat secara terus menerus dan berkelanjuta, serta melakukan kerjasama lintas sektoral dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat.

Sesuai dengan visi dan misi STIKES Notokusumo Yogyakarta, maka ditetapkan visi LPPM STIKES Notokusumo Yogyakarta adalah pada Tahun 2024 menjadi lembaga yang menciptakan  iklim penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul, berbasis budaya dan berparadigma global.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan misi dari LPPM STIKES Notokusumo Yogyakarta adalah sebagai berikut:

  1. Mengkoordinasi, memfasilitasi, dan melakukan kegiatan penelitian yang unggul.
  2. Mengkoordinasi, memfasilitasi, dan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berdaya guna.
  3. Meningkatkan mutu SDM penelitian dan pengabdian masyarakat civitas akademik.
  4. Meningkatkan publikasi dan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.
  5. Memperluas jaringan kerjasama dengan pihak eksternal daam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

PENELITIAN

Penelitian sebagai salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan meningkatkan daya saing bangsa. Dalam melaksanakan tugas penelitian LPPM memberikan Dana Hibah penelitian untuk dosen STIKES Notokusumo Yogyakarta. Selain hibah internal, terdapat hibah hibah lainnya yang bersumber dari hibah eksternal yaitu dana yang berasal dari DITJEN DIKTI, LLDIKTI WILAYAH V, AIPVIKI, dan HAPEQ. Sampai saat sudah banyak hibah dari DIKTI dan LLDIKTI WILAYAH V yang telah dimenangkan oleh Dosen STIKES Notokusumo Yogyakarta.

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Pengabdian kepada Masyarakat STIKES Notokusumo Yogyakarta merupakan implementasi nyata dari pendidikan dan penelitian yang diselenggarakan oleh sivitas akademika STIKES Notokusumo Yogyakarta untuk masyarakat. Dalam bidang pengabdian kepada Masyarakat LPPM membuka Hibah Kompetisi untuk seluruh dosen di Lingkungan STIKES Notokusumo Yogyakarta setiap tahunnya dan hibah yang lain bersifat Reguler yang dilakukan setiap bulan oleh seluruh civitas akademika.  Selain itu Dosen di STIKES Notokusumo Yogyakarta juga memperoleh berbagai dana Hibah Eksternal antara lain dari DIKTI.

HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

No Nama Karya Nama Pencipta
 
1 Modul: Optimalisasi Holistic Care Nursing tHErapy sebagai Wujud Strategi dan Inovasi Menuju Pelayanan Keperawatan yang Komprehensif (Kajian Evidence Based Research Music Therapy pada Kesehatan Ibu dan Anak Wiwi Kustio, S.Pd., MPH
2 Modul : Peningkatan Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan di Indonesia Berbasis Pada Standar Kompetensi dan Evidance Based Nursing (Refleksi Peluang dan Tantangan Persiapan euju Persaingan Global Cecilya Kustani, S.Kep., Ners., M.Kes
3 Modul : Kualitas Hidup Pasien Hemodialisa dengan Komorbid Penyakit Jantung Maria Putri Sari, M.Kep.
4 Modul : Dukungan Keluarga yang Diharapkan Pasien Kanker Payudara saat Menjalani Kemoterapi Ni Ketut Kardiyudiani, M.Kep., Sp.Kep.MB
5 Modul : Efektifitas Pelaksanaan Senam Otak (Brain Gym Bagi Optimalisasi Daya Ingat pada Lansia Dengan Metode Pengkajian MMSE (Mini Mental State Examination) Yogyakarta Etik Pratiwi, M.Kep.
6 Modul : Pengalaman Perawat dalam Mendirikan Praktik Mandiri Keperawatan Taukhit, M.Kep.
7 Video Pembelajaran : Dressing Area Insersi PIVC dengan Transparant Polyurethane Septiana Fatonah, M.Kep

Maria Putri Sari Utami, M.Kep.

8 Video Pembelajaran : Dressing Area Insersi PIVC denganKasa Plester Septiana Fatonah, M.Kep.

Maria Putri Sari Utami, M.Kep.

9 Buku :Panduan Mouthwash Kopi untuk Mukositis pada Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi Brigitta Ayu, M.Kep.

Rudi Haryono, M.Kep

Amanda Marcelin, M.Sc., Apt

10 Modul  Self Help Group untuk Pasien Kanker Ni Ketut Karsiyudiani, M.Kep., Sp.Kep.MB

Brigitta Ayu, M.Kep

Apri Nur Wulandari, M.Kep.

11 Buku : Panduan Pemberian Materi Kesehatan Reproduksi pada Remaja Tunagrahita Bagi Guru dan Orang Tua Barkah Wulandari, M.Kep.

Apri Nur Wulandari, M.Kep.

BUKU NASIONAL BER ISBN

No Nama Penulis Buku Judul Buku No. ISBN Penerbit
1 Rudi Haryono, M.Kep.

Brigitta Ayu, M.Kep.

Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Gangguan Sistem Endokrin 978623762569 Pustaka Baru Press
2 Septiana Fatonah, M.Kep.

Maria Putri Sari, M.Kep.

Dressing area insersi PIVC dengan kassa plester dan transparent polyurethane : modul ajar 9786025411366 CV Gosyen Publishing
3 Rudi Haryono, M.Kep.

Maria Putri Sari, M.Kep.

Keperawatan Medikal Bedah 2 9786023762576 Pustaka Baru Press
4 Ni Ketut Kardiyudiani, M.Kep., Sp.Kep.MB

Brigitta Ayu, M.Kep.

Keperawatan Medikal Bedah 1 9786023762491 Pustaka Baru Press
5 Ni Ketut Kardiyudiani, M.Kep., Sp.Kep.,MB Prosiding Seminar Nasional Keperawatan : Penerapan Evidence Based Nursing dalam Emergency Maternal dan Neonatal 97860252225802 LPPM Akper Notokusumo
6 Brigitta Ayu, M.Kep.

Rudi Haryono, M.Kep.

Amanda Marselin, M.Sc., Apt.

Panduan mouthwash kopi untuk mukositis pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi 9786025225499 Lembaga Chakra Brahmanda Lentera
7 Rudi Haryono, M.Kep. Siap menghadapi menstruasi dan menopose 9786021107768 CV Gosyen Publishing
8 Rudi Haryono, M.Kep. Keperawatan medikal bedah sistem perkemihan 9786021107027 CV Gosyen Publishing
9 Rudi Haryono, M.Kep. Keperawatan medikal bedah sistem pencernaan 9786029018899 CV Gosyen Publishing
10 Rudi Haryono, M.Kep. Keperawatan medikal bedah kelainan bawaan sistem pencernaan 9786029018783 CV Gosyen Publishing
11 Rudi Haryono, M.Kep. Anda wajib melawan serangan jantung 9786029018813 CV Gosyen Publishing